Rencana Anggaran Biaya
Bagikan ini:

Rencana anggaran biaya membangun rumah tentunya wajib dipikirkan terlebih dahulu. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah untuk mengetahui biaya pembangunan. Banyak komponen pekerjaan pada bangunan yang harus dihitung dengan detail dan terliti. Kementrian PUPR sendiri sudah mengeluarkan Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP). Tujuannya sebagai panduan untuk mengetahui analisa setiap pekerjaan yang akan dihitung. Kami akan menguraikan seperti apa Rencana Anggaran Biaya membangun rumah.

Apa itu Rencana Anggaran Biaya atau RAB?

RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan data perhitungan anggaran. Dalam perencanaan pembangunan rumah tinggal tentunya anggaran harus diperhitungkan. Anda sebagai pemilik rumah pastinya harus tahu rincian biaya pembangunan.

Tujuannya memiliki dokumen RAB atau Rencana Anggaran Biaya tentu untuk mengetahui dana pembangunan. Saat di awal sudah mengetahui dana pembangunan tentu akan lebih mudah mengatur semuanya.

Anda terlebih dahulu sudah bisa mengetahui pekerjaan apa yang memakan anggaran tinggi. Anda juga mengetahui pekerjaan apa yang memakan anggaran rendah. Anda bisa menentukan pembelian material mana yang didulukan.

Anda juga bisa mengontrol anggaran pengeluaran larinya kemana saja dalam proyek. Dengan demikian Anda tidak akan kaget bila nantinya terdapat pembengkakan. Anda akan mengetahui pembengkakan tersebut untuk apa saja.

Masih banyak lagi keuntungan Anda memiliki laporan RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Contohnya lagi adalah Anda bisa mengetahui berapa besar biaya pengeluaran untuk Tukang. Anda juga bisa mengetahui berapa lama pekerjaan akan selesai.

Contoh RAB untuk bangunan

Cara membuat RAB bangunan

Dalam membuat RAB sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan semua data lengkap. Dalam hal ini karena WG Studio merupakan perusahaan konsultan perencanaan. Maka, akan dicontohkan membuat RAB untuk banguan rumah tinggal.

Membuat RAB bangunan atau membuat RAB rumah sebenarnya mudah. Anda harus memiliki terlebih dahulu beberapa data penunjang yang wajib. Data tersebut tentunya harus detail dan rinci sebagai acuan perhitungan nantinya.

Berikut data yang diperlukan untuk membuat RAB:

Kesimpulan

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk melihat Ulasan Desain Rumah yang kami buat. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.


Bagikan ini:
5 1 vote
Peringkat Artikel
Subscribe
Beri tahu
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments