Pekerjaan Galian Tanah Pondasi Rumah Beserta Fungsinya
Bagikan ini:

Galian tanah pondasi merupakan pekerjaan umum yang ada pada proyek rumah tinggal. Pondasi rumah sendiri terdapat tiga macam termasuk galiannya. Tiga macam dari galian tanah untuk pondasi rumah tinggal akan kami bahas secara detail.

Galian tanah pondasi adalah merupakan langkah awal sebelum membuat pondasi itu sendiri. Membuat galian tanah pondasi bangunan wajib dan harus dilakukan diawal. Hal ini jelas untuk mendukung pekerjaan pembuatan pondasi nantinya.

Fungsi galian tanah pondasi sendiri sudah jelas yaitu untuk mendukung pekerjaan pondasi. Nantinya galian tanah pondasi akan digunakan untuk membuat pondasi itu sendiri. Galian tanah pondasi rumah sendiri memiliki tiga jenis.

Masing-masing jenis galian pondasi memiliki fungsi berbeda satu antara lainnya. Namun memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mendukung pekerjaan pondasi. Di bawah akan diulas masing-masing fungsi galian tanah pondasi rumah.

Galian Tanah Pondasi Menerus Atau Memanjang

Galian tanah jenis pondasi menerus sangat umum dijumpai pada banyak rumah tinggal. Galian tanah jenis ini tentu tujuannya tidak lain untuk menampatkan pondasi menerus. Batu gunung atau batu kali lebih sering digunakan untuk pondasinya.

Tidak jarang material batu bata merah juga digunakan selain batu gunung. Untuk penggunaan bata merah sendiri biasanya di kampung atau desa. Namun untuk struktur bangunan yang kuat disarankan menggunakan batu gunung atau kali.

Galian tanah jenis pondasi menerus bentuknya menyesuaikan bangunan itu sendiri. Tergolong jenis galian galian dangkal dengan dukungan tanah keras. Tidak cocok untuk kawasan yang berawa atau berair karena bisa patah dimasa mendatang.

Untuk galian tanah jenis pondasi menerus sendiri memiliki dua jenis bentuk. Yang pertama berbentuk trapesium dan yang kedua berbentuk persegi. Bila tanah keras bisa menggunakan bentuk persegi dan tanah lunak bentuk trapesium.

Galitan Tanah Pondasi Menerus Trapesium

Galian tanah pondasi trapesium

Dengan menggunakan jenis galian trapesium seperti ini di area tanah lunak. Tentu sangat menguntungkan karena tanah hasil penggalian tidak mudah longsor. Namun jenis galian seperti ini tidak bisa dilakukan pada lahan yang sempit.

Galian Tanah Pondasi Menerus Persegi

Galian tanah pondasi persegi

Bila tanah yang digali merupakan jenis tanah keras ataupun padat. Galian jenis persegi seperti ini cukup baik karena tanah hasil penggalian tidak turun. Dengan demikian tidak perlu menaikkan kembali tanah hasil galinya.

Pengerjaannya tidak memerlukan alat berat dan cukup digali oleh tenaga manusia. Hal ini karena merupakan jenis galian tanah pondasi dangkal. Yang kedalamannya tidak lebih dari 2 meter dari permukaan tanah.

Galian Tanah Pondasi Setempat

Galian Tanah Pondasi Setempat

Galian tanah jenis pondasi setempat umum digunakan oleh rumah tinggal dua lantai. Selain menggunakan pondasi merus pada bangunan rumah dua lantai. Pondasi setempat wajib hukumnya untuk ditambahkan pada titik tertentu.

Galian tanah jenis pondasi setempat memiliki kedalaman beragam dan tidak sama dengan pondasi menerus. Kedalaman minimal adalah lebih dari 50cm dari permukaan tanah. Pastinya hal ini merupakan tanah keras terlebih dahulu.

Galain tanah jenis pondasi setempat memiliki bentuk persegi pada umumnya. Namun pada situasi tertentu memiliki bentuk galian seperti segitiga dan trapesium. Memiliki fungsi sebagai rumah rangka besi pondasi yang nantinya di cor.

Galian Tanah Pondasi Sumuran

Galian tanah jenis pondasi sumuran atau disebut juga dengan nama Cyclop. Galian tanah jenis pondasi ini tergolong dalam dan harus menggunakan bor untuk membuatnya. Memiliki lubang berbentuk lingkarang dan besarnya menyesuaikan.

Galian tanah jenis pondasi sumuran sendiri terkadang lebih dari satu galain setiap titik. Terkadang memiliki 3 sampai 4 galian dimasing-masing titiknya. Di atasnya terkadang ditambah lagi dengan pondasi setempat untuk menopang struktur bangunan.

Tidak peduli dengan tanah rawa, galian tanah jenis pondasi sumuran tetap bisa dibuat. Nantinya lubang galian memiliki casing hingga ke bawah untuk proses pengecoran. Untuk rumah tinggal sendiri tidak kesemuanya harus memiliki galian sumuran.

Langkah Yang Dilakukan Sebelum Memulai Penggalian Tanah

Sebelum Anda melakukan proses penggalian tanah, tentunya harus memiliki perencanaan. Anda bisa menggambar sendiri menggunakan kertas bentuk dari denah tanah yang digali. Atau bisa meminta bantuan WG Studio melalui Layanan Desain Perencanaan.

Setelah desain Anda miliki dan mengetahui jumlah titik yang akan digali. Langkah berikutnya adalah menghitung biaya penggaliannya setip titik. Hal ini tentu akan menghasilkan biaya yang berbeda-beda untuk masing-masing wilayah.

Anda bisa menghitungnya sendiri menggunakan analisa pekerjaan tanah dari Kementrian PUPR. Pastikan terlebih dahulu juga sebelum menghitung harus mengetahui volume galiannya. Anda bisa membaca artikel Cara Menghitung Galian Tanah Pondasi.

Anda juga bisa menggunakan templat hitungan otomatis bernama S-RAB. Untuk membantu Anda dalam perhitungan menggunakan spreadsheet. Pastikan komputer Anda sudah terinstall LibreOffice Cal telebih dahulu supaya bisa menjalankan S-RAB.

Namun bila Anda benar-benar kesulitan menghitungnya secara mandiri. Silahkan Anda mengunjungi layanan perencanaan anggaran biaya WG Studio. Anda tinggal menyerahkan gambar perencanaan Anda dan biarkan WG Studio menghitungnya untuk Anda.

Setelah Anda mengetahui denah penggalian, jumlah titik dan biaya penggalian. Anda sekarang bisa melanjutkan untuk penggalian tanah di lokasi Anda. Pastikan memilih pekerja atau tukang yang sudah ahli dibidangnya untuk mendapatkan hasil baik.

Kesimpulan

Pekerjaan galian tanah pondasi rumah ini merupakan pekerjaan awal yang harus dilakukan. Paling tidak Anda sekarang sudah memiliki gambaran jenis pondasi seperti apa yang digunakan.

Sekarang Anda bisa menentukan model pondasi dan juga galian yang akan dikerjakan. Pastikan menghitungnya terlebih dahulu supaya Anda mengetahui anggarannya. Baik galian pondasi menerus, setempat atau sumuran memiliki karekter masing-masing.

Bila Anda berada di lingkungan Kelurahan Kanigoro Kabupaten Blitar. Dan memiliki rencana atau memerlukan pekerja untuk galian tanah pondasi. Anda bisa menghubungi layanan Halo Tukang yang selalu tersedia tukang gali.

Jika Anda menyukai artikel ini, silakan subscribe Channel YouTube kami untuk melihat Ulasan Desain Rumah yang kami buat. Anda juga dapat menemukan kami di Twitter dan Facebook.


Bagikan ini:
Subscribe
Beri tahu

0 Komentar
Inline Feedbacks
View all comments